Sabtu, 10 September 2016

Lahan Akses Danau Toba Sudah Siap 30km


Untuk mensupport akses ke Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) Danau Toba, Sumatera Utara, pemerintah mempersiapkan ruas Jalan Tol Tebing Tinggi-Parapat.

Jalan tol ini terlebih dulu ditargetkan mempunyai panjag 98 km.. Tetapi lantaran dirubah desainnya ke arah timur, panjang jalan tol lebih pendek, jadi 95 km..

 " Dari situ bisa 95 km. serta bisa 30 km. yang siap. Nah, bila 30 km. itu bayangin saja, tiga kali Serpong-Balaraja yang baru siap 10 km., " tutur Kepala Tubuh Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Kementerian Pekerjaan Umum serta perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, (9/9/2016).

Tempat yang telah siap ini, kata Herry, terbentang dari utara Sumatera yaitu dari Tebing Tinggi menuju Parapat di bawahnya.

Untuk pembangunannya, pemerintah bakal memprioritaskan konstruksi fisik dari Tebing Tinggi menuju Kuala Tanjung.

Pasalnya, Kuala Tanjung bakal jadi hub paling besar di Sumatera Utara yang letaknya Kabupaten Batubara. Daerah ini mempunyai lokasi industri serta tengah di bangun pelabuhan paling besar.

 " Tempo hari kan lebih kurang panjangnya 37 km.. Kami maksimalkan itu bisa dihemat 3 km. jadi 34 km.. Dari 34 km. itu peluang 24 km. tempat PT Perkebunan Nusantara (Persero). Jadi optimislah (tempat dapat bebas), " kata Herry.

Ia juga menyampaikan, penetapan tempat dikerjakan selalu berproses, sembari pemerintah mempersiapkan dokumennya.

Waktu dokumen siap, pemerintah segera mengambil keputusan tempat. Walau demikian, sistem pembebasan tempat ini dikerjakan berbarengan dengan pembangunan jalan di tanah yang telah bebas beberapa.

Begitu, pelaksanaan jalan tol jadi lebih cepat tanpa ada menanti tempat bebas semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar